bendera

Sabtu, 24 Februari 2024    09:25 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

BREAKING NEWS
 


Warga Minta Usut Tuntas Ambruknya Pagar Tembok Pasar Randik


Hadi,    19 Januari 2023,    00:44 WIB

Warga Minta Usut Tuntas Ambruknya Pagar Tembok Pasar Randik
Pagar Tembok Pasar Randik

Sekayu-Mediaindonesianews.com: Ambruknya Pagar tembok pasar randik, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 24 Meter dengan ketinggian 2meter yang dihantam angin kencang dan petir beberapa waktu lalu menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai kalangan, bahkan, banyak masyarakat meminta agar permasalahan itu dapat diusut secara tuntas.


Ketua DPD Aliansi Indonesia Sumatera Selatan Syamsuddin Djoesman kepada wartawan mengatakan, pihaknya banyak mendapat laporan dari masyarakat tentang ambruknya pagar pasar Randik Sekayu yang diterpa angin kencang tersebut.

"Ya, kita sudah mendapat laporan dari sejumlah masyarakat, banyak yang mengatakan kalau ambruknya bangunan pagar tersebut diduga dalam teknis pelaksanaanya tidak memakai pondasi yang memadai. Karena itu dalam waktu dekat ini kita akan segera turunkan tim untuk melakukan investigasi di lokasi ambruknya pagar itu," kata Syamsuddin.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam investigasi nanti pihaknya akan membawa ahli kontruksi bangunan, hal ini dilakukan agar investigasi dapat berjalan objektif.


"Ya, selain kita melihat secara langsung, kita juga akan turunkan tim ahli kontruksi, untuk melakukan penelitian sekaligus mengetahui secara langsung teknis pelaksanaan proyek tersebut. Jika nanti ditemukan adanya ketidak sesuaian dalam teknis pembangunan, maka kita akan mengambil langkah hukum  untuk diusut secara tuntas," paparnya.

Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Pagar Tembok Pasar Randik Sekayu Sepanjang 24 Meter Ambruk Dihantam Petir. Padahal, bangunan itu baru selesai dikerjakan dengan biaya Rp. 4, 6 milyar diduga karena tidak kuat menahan terpaan angin kencang disertai dengan petir pada, Selasa (10/01) sekitar pukul 21.00 WIB.

Ambruknya bangunan pagar pasar Randik Sekayu yang belum diresmikan itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun dengan robohnya bangunan yang dikerjakan oleh CV Kasam itu membuat jadwal penempatan pasar menjadi tertunda

Alamsyah, salah seorang pedagang di Pasar Randik saat dimintai keterangan oleh wartawan mengatakan, Sebelum pagar itu ambruk, di lokasi sempat terjadi angin kencang yang disertai turunnya hujan petir. Menurutnya, saat bersamaan suara petir itu dirinya mendengar ada sesuatu yang ambruk.

"Sesaat sebelum kejadian angin sangat kencang dan suara petir yang menyambar,namun tidak sampai ambuk. Tapi dari arah luar saat petir menyambar disertai cahaya kilat ada suara yang ambruk. Setelah angin dan hujan agak reda saya melihat ke arah belakang ternyata pagar yang baru dibangun itu ambruk," jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Sarana Distribusi dan Losgistik yang juga sebagai PPK pada bangunan Pasar Randik, Supriyanto saat dikonfirmasi, Rabu (12/01), mengatakan, pihaknya sudah mengetahui dan mengecek ke lokasi robohnya pagar tembok tersebut.

“Kita sudah minta keterangan beberapa saksi di lapangan, bahwa sebelum terjadinya pagar roboh ada petir yang sangat besar menghantam tembok tersebut," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bangunan tersebut masih dalam tahap pemeliharaan selama 6 bulan kedepan dan pihaknya sudah menghubungi kontraktor untuk segera lakukan perbaikan.

“Kita tidak bisa menghindari bahwa kejadian ini disebabkan alam, meski demikian kita sudah minta pihak kontraktor untuk segera dilakukan perbaikan,” katanya seraya mengatakan, bahwa bangunan pasar Randik Sekayu itu dana dari bantuan Gubernur (Bangub) Sumatera Selatan APBD Provinsi Tahun 2022.

Sementara itu Kepala Disperindag Kabupaten Musi Banyuasin saat akan dikonfirmasi di kantornya sedang tidak berada di tempat. Begitu juga saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp tidak ada jawaban. (Hadi)


banner
NASIONAL
img
Sabtu, 24 Februari 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada Pertemuan Bilateral dengan Wakil Perdana Menteri (Waperdam) yang juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan Australia The
img
Sabtu, 24 Februari 2024
Lebanon - Sebagai salah satu unsur Maritime Task Force (MTF) 448 UNIFIL yang mengirimkan penjaga perdamaian wanita terbanyak dalam satu kapal, Satgas MTF TNI XXVIII-O menerima kunjungan dari Penasehat Gender
img
Jumat, 23 Februari 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melepas jamaah Umroh penghargaan Panglima TNI sebanyak 285 personel, yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Mabes TNI, dilaksanakan di halaman Masjid Sudirman
img
Jumat, 23 Februari 2024
Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto didampingi Ketua Harian IKKT PWA Shinta Bambang Isnawan mengunjungi Sekolah Darurat Kartini
img
Jumat, 23 Februari 2024
Jakarta - Keakraban antara Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dengan Duta Besar Kanada untuk RI Mr. Jess Dutton, terlihat saat Panglima TNI menghadiri undangan jamuan makan malam bersama
img
Jumat, 23 Februari 2024
Afrika - Bunia Military Publik Information Officer (MPIO) - Contigent Own Equipment (COE) Inspection Team melaksanakan pengecekan di Indo RDB HQ yang didampingi langsung oleh Komandan Satgas Indo RDB

MEDIA INDONESIA NEWS