bendera

Rabu, 04 Agustus 2021    10:28 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

NASIONAL
 


Aksi Penggalangan Dana dan Doa Bersama OK OCE Untuk Indonesia


Lian,    19 Juli 2021,    22:13 WIB

Aksi Penggalangan Dana dan Doa Bersama OK OCE Untuk Indonesia
Aksi Penggalangan Dana dan Doa Bersama OK OCE Untuk Indonesia

Jakarta-mediaindonesianews.com: Hingga saat ini, Indonesia sedang menghadapi gelombang kedua Covid-19 yang begitu cepat yang menyebabkan tenaga kesehatan dan rumah sakit sampai kewalahan dalam menghadapinya. Lonjakan Covid-19 yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan oksigen dan kebutuhan ruang perawat bahkan akibat kelangkaan oksigen dan ruang perawat tersebut tidak sedikit warga yang meninggal saat isoman.


Aksi Penggalangan Dana dan Doa Bersama OK OCE Untuk Indonesia

Ditengah keadaan sulit ini, OK OCE Indonesia hadir membantu sesama dalam menghadapi pandemi bersama para penggerak, mitra swasta, mitra NGO (lembaga swadaya masyarakat), lembaga pendidikan, mitra pemerintahan dan mitra media melakukan doa bersama dan penggalangan dana. Acara dilakukan sebagai bentuk kemanusiaan dalam membantu situasi Indonesia yang tengah dilanda pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut pendiri OK OCe Indra Uno turut berbagi pengalaman dan bercerita terkait Covid-19 yang pernah dialami.

“Mari kita berdoa bersama apabila ada teman, saudara, keluarga, orangtua, guru yang sedang sakit untuk berdoa bersama-sama memohon kepada Allah untuk mengangkat penyakitnya, Allah sembuhkan penyakitnya dan Allah jadikan ini sebagai pembersih untuk mereka semua,” kata Indra Uno  dalam kegiatan yang bertajuk “#PrayFromHome: Mengetuk Pintu Langit, Dari OK OCE Untuk Indonesia, Minggu (18/7).


Aksi Penggalangan Dana dan Doa Bersama OK OCE Untuk Indonesia

Sementara itu Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE selalu mendorong masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan vaksin dalam mencegah penyebaran virus.

“Pandemi ini juga memberikan kabar duka bagi kita tetapi kita harus tetap kuat dalam menghadapinya. Mungkin ini kita diingatkan oleh Allah bahwa kematian itu pasti ada, tinggal kapan waktunya dan bagaimana caranya kita meninggal. Kita harus siap diri tapi mudah-mudahkan kita dikuatkan. Mudah-mudahan kita diberi waktu untuk terus bertobat, kita mengucapkan Istighfar setiap waktu untuk dikuatkan.” ujarnya.

Seraya dengan itu, Indra juga menambahkan, dasar mengapa tercetus ide untuk membangun rumah sakit darurat. Rumah sakit darurat ini dibangun karena keterbatasan produksi oksigen medis terbatas apabila hanya terdapat 40 ribu penambahan kasus perhari. Namun lebih dari itu rumah sakit akan banyak menolak gejala ringan atau sedang karena keterbatasan kapasitas produksi.

“Dalam kondisi seperti ini kita harus bekerja sama dengan produsen gas medis, tetapi masalahnya satu lagi, mereka bisa produksi tetapi tidak bisa mengirim gas ke rumah sakit ini karena pengiriman lewat tangki truk yang besar dan lewat tangki tabung oksigen yang lebih kecil.” Tutur Indra.

Perlunya kerjasama antar berbagai pihak dalam menyelesaikan permasalahan seperti ini. Salah satu solusi yang dituturkan oleh Indra Uno adalah dengan membangun rumah sakit darurat yang lokasinya berdekatan dengan produsen oksigen guna menanggulangi masalah logistik ini. Untuk itu, di akhir sesi peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut diajak untuk berdoa dan berdonasi melalui galang dana yang digagas OK OCE Indonesia.

Sementara itu Andri Yansyah, Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI menjelaskan  terdapat tiga tugas pokok yang harus dilaksanakan bersama-sama oleh pegawai DKI Jakarta.

“Pertama yaitu menyelamatkan masyarakat terkonfirmasi Covid-19 baik yang berada di rumah sakit atau yang sedang isoman. Kedua melindungi masyarakat yang belum terkonfirmasi Covid-19 dengan melakukan vaksin. Ketiga yaitu menjamin kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan pokok selama masa pandemi,” ujarnya.

“Seluruh ASN yang ada di DKI Jakarta dengan peran dan fungsinya masing-masing, walaupun ada juga yang tidak berperan secara langsung tetapi harus mengambil tanggung jawab untuk sama-sama kita bisa memutus mata rantai Covid-19.” tutur Andri kembali.

Dalam membantu menangani Covid-19 di Indonesia, Dompet Dhuafa saat ini telah membangun crisis center untuk memberikan dukungan layangan kesehatan berupa call center untuk melakukan konsultasi dari pasien positif. Selain itu terdapat juga layanan ambulans untuk merujuk pasien Covid-19.

“Namun beberapa waktu terakhir, peningkatan kasus terakhir di Jabodetabek meningkat secara tajam, sehingga beberapa ruang isolasi penuh. Untuk kasus sedang yang memerlukan rumah sakit juga sebagian besar penuh, termasuk jejaring rumah sakit Dompet Dhuafa.” Tambahnya.

Kelangkaan ruang rumah sakit tersebut menjadi masalah utama yang dihadapi saat ini. Rumah sakit lapangan kemudian dibuat dengan menggunakan tenda terkait dengan terus menerus meningkatnya pasien positif sebagai solusi untuk merawat pasien. Dompet Dhuafa memfokuskan call center dalam pengadaan rumah sakit dan penyediaan oksigen.

Penambahan rumah sakit lapangan dan oksigen dengan bekerja sama dengan OK OCE dan berbagai pihak yang lain diharapkan untuk dapat terus membantu masyarakat Indonesia menghadapi kesulitan ini.

Dalam acara doa bersama dan penggalangan dana juga turut dihadiri oleh wakil Bakrie Amanah, Teguh Anatawikrama yang memaparkan mengenai ikhtiar yang dilakukan pada saat positif Covid-19. Terdapat juga video pelaku UMKM anggota OK OCE yang sedang melawan Covid-19 dari Wulan dari HR Academy dan Naufal sebagai sekjen OK OCE SYAM sebagai masyarakat yang terdampak pandemi.

"Mari turut serta dalam saling membantu masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19 melalui : https://okoce.net/rsdaruratokoce," tutupnya. (lian)


banner
NASIONAL
img
Senin, 02 Agustus 2021
Malang-mediaindonesianews.com: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengajak masyarakat untuk mulai melakukan kebiasaan baru dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi di hampir seluruh
img
Senin, 02 Agustus 2021
Malang-mediaindonesianews.com: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP memberikan bantuan berupa 100 unit Laptop untuk mendukung tugas empat pilar yang akan digunakan bagi Tenaga Tracer Covid-19 di setiap
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Makassar-mediaindonesianews.com: Usai kejadian kecelakaan lalu lintas yang sempat viral antara sepeda dengan mobil rescue milik Kementerian Sosial di Kota Makassar pada Rabu (28/7) lalu. Menteri Sosial RI, Tri
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Jakarta-mediaindonesianews.com : , Peringati 30 tahun pengabdian Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa menggelar kegiatan bakti sosial dan vaksinasi di 8 lokasi di wilayah Jakarta
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Kota Bekasi-mediaindonesianews.com: Wakil Walikota Bekasi Dr. Tri Adhianto bersama Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Aloysius Suprijadi dan Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Iwan Aprianto S.IP menyambut kedatangan Kapolri Jendral
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Jakarta-mediaindonesianews.com: Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI memperingati hari jadinya kedua yang jatuh pada hari Jum’at (30/7), dala HUT ke 2 tersebut dilaksanakan sejumlah kegiatan sosial berbagi dengan beberapa

MEDIA INDONESIA NEWS