bendera

Sabtu, 20 April 2024    05:50 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

ADVERTORIAL
 


Indonesia Akan Ekspor Tomat Hitam Desa Getasan ke Dubai


dee maz,    27 Juni 2020,    20:39 WIB

Indonesia Akan Ekspor Tomat Hitam Desa Getasan ke Dubai

MINews - Getasan : Kementerian Pertanian akan memfasilitasi ekspor komoditas tomat hitam (solanum lycopersicum) hasil budidaya kelompok tani “Citra Muda” Dusun Sidomukti, Desa Kopeng Getasan, ke Dubai Uni Emirat Arab.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, permintaan pasar di sana belum bisa dipenuhi petani di tanah air. “Kementan akan membantu ekspor ke sana karena permintaannya unlimited,” katanya usai melakukan panen tomat hitam dan kale (borecole) di lahan Kelomtan “Citra Muda” Getasan, Sabtu (27/6/2020) siang.

Panen sayuran organik itu juga diikuti anggota komisi 4 DPR RI Luluk Nurhamidah, Senator DPD asal Jawa Tengah Denty Eka WP, para dirjen Kementan, Bupati Semarang H Mundjirin dan pejabat lainnya.

Mentan menambahkan Kelomtan “Citra Muda” ini membuktikan sektor pertanian mampu bertahan di tengah krisis ekonomi saat pandemi virus corona kali ini. “Mereka bisa mendapatkan penghasilan kurang lebih Rp350 juta per bulan. Ini bukti bahwa pertanian bisa jadi alternatif pendapatan,” katanya kagum.


Syahrul bahkan meminta Dirjen PSP untuk membuat duplikasi program kerja Kelomtan “Citra Muda” di dua tempat untuk meningkatkan mutu dan jumlah produksi sayuran organik. Rencananya program kerja itu akan dilaksanakan di Sumatra Utara dan satu di wilayah Indonesia Timur.

Bupati Semarang H Mundjirin saat sambutan selamat datang menjelaskan potensi pertanian organik di wilayahnya sangat besar. “Permintaan sayuran organik terus meningkat. Tidak hanya untuk pasar-pasar lokal namun juga untuk ekspor,” ujarnya.

Ketua Kelomtan “Citra Muda” Shofyan Adi Cahyono saat ditemui di sela-sela acara menjelaskan setiap bulan kelompoknya dapat memanen 15 ton sayuran organik aneka jenis.

Selain daun kale curly, dia dan sekitar dua puluh orang temannya juga menanam slada merah, slada hijau, lettuce, tomat, cabai juga kol ungu. Total ada 20 jenis sayuran organik yang ditanam di lahan seluas sepuluh hektar.

“Alhamdulillah, selama dua bulan di awal masa pandemi, pemasaran kami meningkat hingga 300 persen,” akunya bangga.

Ditambahkan, penjualan komoditas berlabel “Sayur Organik Merbabu” ini dilakukan online. Tersedia akun Instagram @sayurorganikmerbabu dan diantar langsung ke pemesan. Seluruh produk telah mendapatkan sertifikasi dari organik Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pertanian.

“Penjualan sayur organik menjangkau seluruh kota besar di Jawa dan Kalimantan,” terangnya.


banner
NASIONAL
img
Jumat, 19 April 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan dan TNI AU
img
Jumat, 19 April 2024
Belu - Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) Fakultas Vokasi Logistik Militer (FVLM)  Belu melakukan silahturahmi dan kerjasama dan untuk perkuat sinergi dengan Dinas Perhutanan Atambua.  Untuk menyambung silaturahmi dan
img
Jumat, 19 April 2024
Afrika - Perbantuan dukungan alat berat zeni yang dimiliki oleh Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car pada proses maintenance Hellicopter kontingen Pakistan Aviation di di FACA Military Base,
img
Kamis, 18 April 2024
Jakarta, mediaindonesianews.com  --- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI yang turut disaksikan oleh jajaran
img
Kamis, 18 April 2024
Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto memimpin acara penyerahan tugas dan tanggung jawab Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang
img
Kamis, 18 April 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu

MEDIA INDONESIA NEWS