bendera

Sabtu, 27 April 2024    06:02 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

FOKUS
 


Deklarasi Gantari Nusa 2021


Tim Red,    13 April 2021,    00:18 WIB

Deklarasi Gantari Nusa 2021
Deklarasi Gantari Nusa 2021

Jakarta-mediaindonesianews.com: Dalam rangka mendukung komitmen pemerintah melakukan upaya kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif, menuju kebangkitan hidup akibat pandemi Covid-19, sejumlah elemen kemasyarakatan yakni Perkumpulan Multimedia Transformasi Indonesia (Matra Id), Persatuan Ojek Online Nusantara (Pesona), Budaya Nusantara Parekraf (BN Parekraf), Paguyuban Media Online (Pameo) dan pelaku UMKM mendeklarasikan Gerakan Kebangkitan Pariwisata Nusantara (Gantari Nusa).


Deklarasi Gantari Nusa 2021

“Kami sebagai praktisi moda transportasi online, mendukung kebijakan pemerintah untuk kebangkitan parekraf, termasuk didalamnya kebangkitan UMKM, dan untuk itu kami siap berpartisipasi,” ujar Nanang dari Pesona dalam keterangannya kepada mediaindonesianews.com, Senin (12/4) di Jakarta.

Sementara itu, Danang sebagai penggiat usaha wisata kebudayaan menjelaskan, bahwa kebangkitan parekraf yang dicanangkan pemerintah perlu didukung oleh praktisi dan penggiat kemasyarakatan, khususnya bidang parekraf.

“Sebagai penggiat wisata kebudayaan, pencanganan kebangkitan parekraf oleh Pemerintah menjadi angin segar dan semangat optimisme baru, untuk itu kami BN Parekraf mendorong berdirinya Gantari Nusa dan siap berkolaborasi dengan pemerintah, sebagaimana pernyataan Menparekraf Sandiaga Uno” urai Danang yang berdomisili di Solo Jawa Tengah


Deklarasi Gantari Nusa 2021

Sedangkan Fitrilya Eka pelaku UMKM mengatakan bahwa, momentum kebangkitan parekraf disambut positif dan antusias oleh pelaku UMKM.

“Sebagai pelaku UMKM kami senang dan menyambut baik pencanangan kebangkitan parekraf, ini angin segar bagi pelaku UMKM untuk bangkit, semoga pemerintah bersedia berkolaborasi dengan Gantari Nusa untuk kebangkitan UMKM” ujar Eka.

Gantari Nusa dideklarasikan juga oleh praktisi maupun penggiat media online maupun media sosial, sebagaimana dikemukakan Meyrist jurnalis media online, dan Deddy praktisi multimedia.

“Dampak pandemi Covid-19, sebenarnya tidak hanya menghantam pariwisata dan ekonomi kreatif semata-mata, tetapi kami juga jurnalis media online sangat terasa terkena dampak tersebut, tapi kami tidak boleh patah semangat, apalagi Presiden sudah mencanangkan 2021 sebagai momentum kebangkitan hidup, kita masyarakat harus mendukung komitmen tersebut” tandas Meyrist yang selama ini kerap memberitakan berbagai destinasi wisata.

“Perkumpulan Matra Id sebagai wadah jejaring praktisi dan penggiat media sosial, ataupun komunitas digital lainnya, memandang penting dan perlu untuk mendukung pernyataan Presiden dan Menparekraf tentang momentum kebangkitan hidup di tahun 2021, juga kebangkitan parekraf, kami siap berkolaborasi untuk itu” terang Deddy yang juga Koordinator Tim Kerja Gantari Nusa.

Deddy menjelaskan, bahwa Gantari Nusa nantinya akan hadir disejumlah daerah, utamanya daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata prioritas, secara khusus 5 Provinsi destinasi wisata superprioritas yakni Sumatera Utara dengan Danau Toba, Jawa Tengah dengan Borobudur, Sulawesi Utara dengan Taman Laut Likupang, NTT dengan Mandalika sirkuit balap MotoGP, dan NTB dengan Labuan Bajo Pulau Komodo.

Gantari Nusa mempunyai sejumlah platform yang akan menjadi program utama, seperti mendorong kesiapan kota penopang destinasi wisata, gerakan toilet bersih destinasi dan royal heritage trip. Gantari Nusa juga mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menyiapkan aktivasi destinasi wisata, yakni dengan turut mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi), 3T (Testing, Tracing, Treatment), dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dan mensukseskan Vaksinasi Covid-19.

Gantari Nusa mengajak masyarakat untuk turut mendukung upaya kebangkitan parekraf, kebangkitan hidup Indonesia dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 (Tim Red)


banner
NASIONAL
img
Jumat, 26 April 2024
Jakarta - Komandan PMPP TNI yang diwakili Wadan PMPP TNI Brigjen TNI Dody Muhtar Taufik, S.E., M.Si., melepas 220 prajurit chalk I Kontingen Garuda (Konga) Monusco untuk melaksanakan Operasi
img
Jumat, 26 April 2024
Jakarta-mediaindonesianews.com - Konferensi PWI Provinsi DKI Jakarta yang digelar di Balai Kota Pemprov Jakarta pada Kamis 25/4/2024 telah selesai.Dalam kegiatan tersebut terdapat dua kandidat bakal calon Ketua PWI Jaya, Kesit
img
Jumat, 26 April 2024
Afrika - Masih dalam suasana perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M, Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car gelar acara Halal bilhalal dan Gala Dinner guna menjalin silaturahmi serta memperkuat
img
Kamis, 25 April 2024
Jakarta - Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., membuka Rapat Koordinasi Teknis Hukum (Rakorniskum) TNI TA 2024 yang diikuti dengan peserta tatap muka 79 orang dan peserta
img
Kamis, 25 April 2024
Bengkulu - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung di Gedung Serba
img
Kamis, 25 April 2024
Banten - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir, M.A.,

MEDIA INDONESIA NEWS