bendera

Sabtu, 04 Mei 2024    10:22 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

NASIONAL
 


USAHID Sahkan 275 Orang Wisudawan, Tertua Usia 85 Tahun


ips,    01 Juni 2022,    09:04 WIB

USAHID Sahkan 275 Orang Wisudawan, Tertua Usia 85 Tahun
Wisudawan USAHID ke-46

Jakarta-Mediaindonesianews.com: Setelah sukses menggelar wisuda secara hybrid pada tahun lalu, Universitas Sahid (USAHID) Jakarta kembali menggelar Wisuda untuk pertama kalinya secara ofline pasca pandemi, pada Selasa, 31 Mei 2022 di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Jakarta untuk merayakan manisnya buah perjuangan Pendidikan. Sesuai core value Universitas Sahid yaitu Kewirausahaan dan Kepariwisataan, wisuda kali ini mengangkat nuansa Betawi sebagai bentuk dukungan untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang menghadirkan tata panggung dan tarian khas Betawi.


USAHID Sahkan 275 Orang Wisudawan, Tertua Usia 85 Tahun

“Wisuda Usahid ke 46 yang mengangkat tema Membangun Industri Bersih Untuk Mendukung Recovery Ekonomi Pasca Covid-19” menjadi sejarah baru bagi Universitas Sahid. Wisuda diikuti oleh 275 wisudawan yang terdiri dari 13 orang dari program Doktor Ilmu Komunikasi (S3); 27 orang dari program Magister Management; 22 orang dari program Magister Ilmu Komunikasi (S2); 105 orang dari Fakultas Ekonomi & Bisnis meliputi jurusan Manajemen 73 orang, jurusan akuntansi 32 orang; 38 orang dari Fakultas Ilmu Komunikasi; 33 orang dari Fakultas Teknik meliputi jurusan Teknik Industry 6 orang, jurusan Teknik Lingkungan 27 orang; 27 orang dari Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan; dan 10 orang dari Fakutas Hukum.” Kata Kepala Humas & Kerjasama USAHID, Sri Prapti F. Nursanti, S.Sos., M.Si dalam rilisnya, Senin, 32/5/2022.

Sri Prapti menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda tetap menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Para wisudawan dan pendamping minimal sudah menerima vaksin ke 2 atau swab antigen dan mengupload sertifikat vaksin ke link pendaftaran wisuda. Begitu juga seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda, seperti senat dan panitia yang ada di lokasi harus mengikuti protocol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, ukur suhu tubuh dan scan aplikasi peduli lindungi di pintu masuk ruangan acara.

Rektor Universitas Sahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU dalam laporannya pada sidang senat terbuka menyampaikan bahwa, Pandemik Covid 19 memberikan dampak negatif dan positif, yaitu mempercepat proses realisasi industri 4.0 dan implementasi teknologi digital dalam setiap kegiatan manusia yang seharusnya menunggu 10-20 tahun lagi. Hal ini memberikan dampak perubahan yang sangat nyata disegala bidang terutama dunia industri dan perilaku kehidupan  masyarakat yang menuju digital sociatey.  


USAHID Sahkan 275 Orang Wisudawan, Tertua Usia 85 Tahun

“Dunia saat ini menuju  pada global mega trend, yang meliputi demographic shift, diversity the normal, the health revolution, the environmental crisis dan hyper connectivity. Hyper connectivity sebagai wujud kemajuan teknologi akan menyebabkan dunia pendididikan khususnya menghadapi tantangan serius virus teknologi, karena akan muncul useless generation, sejumlah pekerjaan akan hilang dan menimbulkan livelihood crisis, dan inequality muncul karena ada digital devide.

“Oleh karena itu Usahid sebagai Lembaga pendidikan tinggi akan segera mengadaptasi perubahan-perubahan tersebut  melalui peningkatan kemampuan software, hard ware dan brain ware  serta academic proccess nya, agar para lulusan dapat mengisi kebutuhan tenaga terampil yang dibutuhkan.” Katanya

Menutup sambutannya Rektor mewakili segenap civitas akademika USAHID mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi, dan berharap  ilmu yang telah didapatkan  bermanfaat bagi keluarga dan Bangsa. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua wisudawan yang telah berhasil menghantarkan putra-putrinya  menyelesaikan studi di Universitas Sahid dan atas kepercayaan yang diberikan para orang tua untuk pendidikan putra-putrinya di Universitas Sahid.

Acara Wisuda USAHID ke 46 ini juga diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaikyaitu Mohamad Ridwan, SH (Fakultas Hukum) IPK 3.38; Fuji Lestari, S.TP (Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan/ Teknologi Pangan) IPK 3.79; Uni Triwida Pardosi, SI.Kom (S1 FIKOM) IPK 3,82; Frieda farchiyah, ST (Fakultas Teknik/ Teknik Industri) IPK 3,99; Dinta Kania Syarif, S.Ak (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Akuntansi) IPK 3.95; Rahmad Praya Putra, SH.,MM  (S2 Pascasarjana/Magister Manajemen) IPK 3.80 dan Dr. Florens Maxi Un Bria, S.Ag.,M.Sos (S3 Pascasarjana/ Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3.95.

Penghargaan juga diberikan kepada Bagiono, wisudawan tertua berumur 85 tahun dari program Magister Management. Juga pemberian tanda bakti kepada almamater disampaikan putra terbaik bangsa wisudawan pascasarjana Doktor Ilmu Komunikasi (S3) Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso.,S.IP.,S.Sos.,M.Tr (Han) - Mantan Gubernur Akademi Militer (AKMIL) dan Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan TNI AD dan Brigjen TNI Dr. Nefra Firdaus, SE., MM - Wakil Inspektur, Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AD yang memberikan rangkaian bunga sebagai ungkapan tanda bakti & apresiasi kepada Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya - Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. dan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.

Seperti diketahui mulai semester genap 2021/2022 USAHID telah menyelenggarakan sistem pengajaran secara hybrid dengan dukungan sarana dan teknologi yang memadai. Sebagai implementasi dari kebijakan MBKM telah melakukan kolaborasi dan partnershid dengan beberapa Lembaga seperti Pemda DKI tentang penanganan stunting  dan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak; Komisi Yudial RI, Peradi, KPAI, dan BPOM, dan juga dengan beberapa Universitas  negeri  dan  swasta baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa prestasi yang telah dicapai USAHID setahun belakangan ini, diantaranya adalah

1. Implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang telah mendapatkan pengakuan  di Laman SPMI Kemendikbud.go.id;

2. Kegiatan PPM 13 judul  riset dengan dana hibah  dan 17 judul PKM.

3. Pada akhir tahun 2021 USAHID  mendapatkan  hibah penelitian MBKM dari Dikti 1.4 Milyar dan menempatkan USAHID pada urutan 58  dari 4100 PTS di Indonesia, dan urutan ke 38 pada klaster 4; dan peringkat 117 dari 4100 PTS pada kinerja Kemahasiswaan.

4. USAHID bekerjasama dengan PT Polytama Propindo dan Pemda Indramayu untuk mengembangkan  Ekoriparian di Kali Cimanuk sebagai Pusat Eduwisata dan Kuliner.

5. USAHID juga telah  menjadi  kampus pelopor duta anti kekerasan  terhadap perempuan  dan anak di DKI Jakarta.

Disamping itu publikasi dosen juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 147 pada tahun 2020 menjadi 239 pada tahun 2021/2022 yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional. Sitasi dari hasil publikasi dosen juga meningkat, pada tahun 2021/2022 telah disitasi 4,447 di google scholar dan 691 di scopus.  Pada  saat yang sama juga telah diterbitkan 42 judul buku hasil karya ilmiah dosen, dan 37 HAKI. Pada tahun 2021/2022 ada 5 dosen tetap yang telah menyelesaikan pendidikan S3 (Doktor),  disamping itu juga sedang  proses peningkatan kepangkatan akademik dosen dari Asisten Ahli (AA) menjadi Lektor 13 orang, Lektor menjadi Lektor Kepala 19 orang dan dalam proses  pengusulan Guru Besar 1 orang.

Selain prestasi dosen, prestasi mahasiswa juga tak kalah membanggakan, beberapa mahasiwa telah menorehkan tinta emas untuk  meningkatkat reputasi Universitas Sahid antara lain:  (1) Afni Alfiana Hanifah, Bill Joses dan Bagas Fatma Bahtiar, Juara 1 Lomba Debat Nasional  “University Youth Pandemik”; (2) Natasya Amabel, Jihan Fitriah, Vina Mediani; Juara 1 Forum Tempe Indonesia “ My Tempe, Gizi Anakku”; (3) Della Evelyn Nasareth; Juara 1 Nasional dalam lomba “Cooking Competition;  dan beberapa lagi pada even lainnya.

Uraian perkembangan Universitas Sahid tersebut diharapkan dapat memperkuat keyakinan bahwa lulusan saat ini adalah wisudawan yang berkualitas karena lulus melalui proses  akademik yang  berkualitas dengan dukungan tenaga akademik yang berkualitas. Meskipun lulus dalam suasana pandemic Covid 19 justru  menjadikan para wisudawan sebagai lulusan yang tangguh dan kreatif ketika terjun di masyarakat.

Hadir dan memberikan sambutan dalam wisuda ini, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI – Dr. Ir. Paristiyanti Nurwandani, M.P; Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya - Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. ; Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.

Apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan  wisuda ke 46 ini juga di sampaikan pimpinan lembaga pemerintahan dan pejabat public antara lain, ucapan selamat wisuda secara virtual dari Presiden RI – Ir. Joko Widodo; Ketua MPR RI - H. Bambang Soesatyo, SE.MBA; Ketua DPR RI - Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos; Gubenur DKI Jakarta - H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D; dan Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok – Drs. Djauhari Oratmangun. (ips)


banner
NASIONAL
img
Sabtu, 04 Mei 2024
Depok - Prajurit TNI kembali meraih prestasi pada kompetisi lomba hacking dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang diselenggarakan pada tanggal 26 April 2024 diikuti
img
Jumat, 03 Mei 2024
Cianjur - Aster Panglima TNI Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P didampingi Dandim 0608/Cianjur, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan Kelompok Tani serta masyarakat melakukan pengecekan langsung kegiatan Pompanisasi
img
Jumat, 03 Mei 2024
Lebanon - Para Peacekeeper Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil 2024 dengan penuh rasa persahabatan dan pesan perdamaian melalui Staf CIMIC menyelanggarakan kegiatan Education Program di Ganduriyah Public School untuk
img
Kamis, 02 Mei 2024
Jakarta - Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan   mewakili Panglima TNI menghadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelesaian Masalah Lahan antara Masyarakat Dengan TNI AL di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang dipimpin
img
Kamis, 02 Mei 2024
Jakarta - Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta
img
Kamis, 02 Mei 2024
Yogyakarta - Bakamla RI melaksanakan Technical Expert Group Meeting of ASEAN Coast Guard Forum (TEGM ACF) Tahun 2024, di salah satu hotel di  Yogyakarta, Kamis (2/5/2024). Kegiatan yang berlangsung selama 2

MEDIA INDONESIA NEWS