bendera

Sabtu, 04 Mei 2024    06:22 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

NASIONAL
 


Jajaran Komisioner Bawaslu Datangi Jaksa Agung


TB/ips,    10 Juni 2022,    20:08 WIB

Jajaran Komisioner Bawaslu Datangi Jaksa Agung
Foto : Jaksa Agung bersama jajaran Komisioner Bawaslu RI

Jakarta-Mediaindonesianews - Jaksa Agung Burhanuddin menerima kunjungan Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI dan jajaran dalam rangka koordinasi dan pembahasan Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), Jumat 10/6.


Jajaran Komisioner Bawaslu Datangi Jaksa Agung

Pertemuan ini turut dihadiri Wakil Jaksa Agung RI Sunarta, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM-Pidum) Fadil Zumhana, Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen Ade Adhyaksa, Direktur Tindak Pidana terhadap Keamanan Negara, Ketertiban Umum dan Tindak Pidana Umum Lainnya Yudi Handono, Kepala Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana, Asisten Umum Jaksa Agung Kuntadi, dan Asisten Khusus Jaksa Agung Hendro Dewanto.

Sementara itu, dari pihak Bawaslu RI yakni Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Anggota Bawaslu RI yakni Lolly Suhenty, Totok Hariyono, Herwyn J.H Malonda, dan Puadi, Sekretaris Jenderal Gunawan Suswantoro, Deputi Bidang Dukungan Teknis La Bayoni, dan Kepala Biro Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Yusti Erlina.

Dalam kesempatannya Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan, penyelenggaraan Pemilu sudah menjadi tanggung jawab bersama. 


Jajaran Komisioner Bawaslu Datangi Jaksa Agung

"Kejaksaan mendukung penuh tugas-tugas yang dilakukan oleh Bawaslu RI dalam rangka penguatan kelembagaan dan penegakan hukum," kata Burhanuddin.

"Kedepannya akan dilakukan MoU, dan untuk implementasinya di tingkat provinsi/kabupaten/kota akan dilakukan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)," sambungnya.

Ia menjelaskan, bahwa MoU yang akan dibahas tidak saja tentang penegakan hukum, tetapi juga pendidikan, pendampingan, dan pendirian posko bersama dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selanjutnya, masih kata Burhanuddin, perlu dilakukan pendidikan bersama terkait tindak pidana Pemilu dengan Bawaslu RI, Kepolisian RI dan Kejaksaan RI.

"Karena tindak pidana Pemilu memiliki karakteristik yang berbeda dengan pidana lain dan waktu yang singkat dalam penanganannya, sehingga diperlukan pemahaman bersama," ungkapnya.

Untuk itu, Jaksa Agung mempersilahkan untuk berkoordinasi dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI.

Sementara itu Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyampaikan, dukungan Kejaksaan sebagai penegak hukum sangat dibutuhkan, terutama mengenai pelanggaran dan tindak pidana Pemilu. 

"Oleh karenanya, perlu dilakukan kerja sama dengan Bidang Tindak Pidana Umum, dan diperlukan pendampingan oleh Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam hal operasional keuangan oleh karena Bawaslu RI menggunakan dana APBN, APBD, dan Dana Hibah," pungkasnya.

TB/ips


banner
NASIONAL
img
Jumat, 03 Mei 2024
Cianjur - Aster Panglima TNI Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P didampingi Dandim 0608/Cianjur, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan Kelompok Tani serta masyarakat melakukan pengecekan langsung kegiatan Pompanisasi
img
Jumat, 03 Mei 2024
Lebanon - Para Peacekeeper Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil 2024 dengan penuh rasa persahabatan dan pesan perdamaian melalui Staf CIMIC menyelanggarakan kegiatan Education Program di Ganduriyah Public School untuk
img
Kamis, 02 Mei 2024
Jakarta - Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan   mewakili Panglima TNI menghadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelesaian Masalah Lahan antara Masyarakat Dengan TNI AL di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang dipimpin
img
Kamis, 02 Mei 2024
Jakarta - Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta
img
Kamis, 02 Mei 2024
Yogyakarta - Bakamla RI melaksanakan Technical Expert Group Meeting of ASEAN Coast Guard Forum (TEGM ACF) Tahun 2024, di salah satu hotel di  Yogyakarta, Kamis (2/5/2024). Kegiatan yang berlangsung selama 2
img
Selasa, 30 April 2024
Maluku - Bakamla RI melalui KN Kuda Laut-403 berhasil menyelamatkan nelayan yang mengalami luka bakar di Perairan Laut Maluku, Selasa (30/4/2024).   Mulanya, KN Kuda Laut-403 yang sedang melaksanakan Patroli Bersama Yudhistira

MEDIA INDONESIA NEWS