bendera

Rabu, 04 Agustus 2021    09:32 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

POLITIK
 


Penyalahguna Narkotika Diperlakukan dan Diberikan Hukuman Rehabilitasi


Lian,    21 Juli 2021,    00:55 WIB

Penyalahguna Narkotika Diperlakukan dan Diberikan Hukuman Rehabilitasi
Dr. Anang Iskandar, SIK. SH, MH

Jakarta-mediaindonesianews.com: Berita tertangkapnya Nia Ramadhani dan Suaminya Ardi Bakrie terkait penyalahgunaan narkotika oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus).  Tak hanya Nia dan Ardi, sang sopir berinisial ZN (43) juga telah ditetapkan sebagai tersangka, dalam penangkapan tersebut Polisi juga mengamankan satu klip barang yang diduga sabu-sabu dengan berat 0,78 gram, satu buah bong atau alat isap sabu-sabu. 


Kejadian tersebut menyita banyak kalangan untuk mengetahui lebih jauh, ada apa sebenarnya yang terjadi. Hal ini pun mendapat pandangan dari Mantan Kepala BNN, Komjen Pol (Purn)   Dr. Anang Iskandar, SI.K., SH., MH yang mengatakan bahwa, melihat jumlah barang buktinya berupa sabu seberat 0,78 gram dan alat hisap menunjukan bahwa mereka adalah pelaku penyalahguna, kecuali kalau penyidik mendapatkan bukti bahwa mereka mendapatkan keuntungan dari perdagangan gelap narkotika atau menjadi anggota sindikat narkotika.

“Kebijakan hukum terhadap kasus mereka adalah dalam proses penegakan hukumnya bersifat rehabilitatif, selama proses penyidikan, penuntutan, pengadilan bersifat rehabilitatif dan penjatuhan hukumannya berupa hukuman rehabilitasi,” jelas Anang Iskandar kepada mediaindonesianews.com, Minggu (20/7).

Saat ditanya, kenapa publik figur dengan masyarakat biasa dalam kasus penyalahgunaan narkotika hukumannya berbeda? Anang menegaskan bahwa, hukum berlaku sama bagi setiap orang, baik artis, aparat maupun masyarakat biasa, yaitu penyalahguna diperlakukan secara rehabilitatif dan diberikan hukuman berupa rehabilitasi.


Maraknya kalangan artis yang ditangkap terkait Narkotika, menurut Anang, Artis termasuk sasaran yang menguntungkan bagi pedagang gelap narkotika, karena relatif kantongnya tebal yang rentang diperdaya untuk menggunakan narkotika.

“Oleh karena itu, artis atau siapa saja harus hati-hati jangan sampai dirayu, dibujuk, ditipu atau diperdaya ataupun dipaksa menggunakan narkotika untuk pertama kali karena saat itu adalah saat intoxifikasi racun kecanduan narkotika” kata Anang.

Tapi kalau terlanjur ketipu lanjut Anang, kebujuk atau dipaksa menggunakan narkotika segera melaporkan diri ke IPWL untuk mendapatkan perawatan berupa rehabilitasi khususnya secara psykologis.

“kalau sudah dalam keadaan ketergantungan dan mengalami ganguan mental segera datangi rumah sakit terdekat atau lembaga rehabilitasi terdekat untuk mendapatkan perawatan berupa rehabilitasi, maka status hukumnya menjadi tidak dituntut pidana (pasal 128),” Ujar aktivis Anti Narkoba Nasional.

Untuk itu aktivis Anti Narkoba Nasional ini mengingatkan bahwa, penyalahguna itu penderita sakit kecanduan narkotika dan ganguan mental yang bisa menimpa siapa pun bukan hanya artis, penegak hukum, politisi ataupun masyarakat biasa bisa mengalaminya.

“Kebijakan hukumnya jelas penyalahguna narkotika dalam proses penegakan hukum diperlakukan secara rehabilitatif, dan dijatuhi hukuman rehabilitasi,” pungkasya. (lian)


banner
NASIONAL
img
Senin, 02 Agustus 2021
Malang-mediaindonesianews.com: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengajak masyarakat untuk mulai melakukan kebiasaan baru dalam menghadapi wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi di hampir seluruh
img
Senin, 02 Agustus 2021
Malang-mediaindonesianews.com: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP memberikan bantuan berupa 100 unit Laptop untuk mendukung tugas empat pilar yang akan digunakan bagi Tenaga Tracer Covid-19 di setiap
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Makassar-mediaindonesianews.com: Usai kejadian kecelakaan lalu lintas yang sempat viral antara sepeda dengan mobil rescue milik Kementerian Sosial di Kota Makassar pada Rabu (28/7) lalu. Menteri Sosial RI, Tri
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Jakarta-mediaindonesianews.com : , Peringati 30 tahun pengabdian Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa menggelar kegiatan bakti sosial dan vaksinasi di 8 lokasi di wilayah Jakarta
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Kota Bekasi-mediaindonesianews.com: Wakil Walikota Bekasi Dr. Tri Adhianto bersama Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Aloysius Suprijadi dan Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Iwan Aprianto S.IP menyambut kedatangan Kapolri Jendral
img
Minggu, 01 Agustus 2021
Jakarta-mediaindonesianews.com: Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI memperingati hari jadinya kedua yang jatuh pada hari Jum’at (30/7), dala HUT ke 2 tersebut dilaksanakan sejumlah kegiatan sosial berbagi dengan beberapa

MEDIA INDONESIA NEWS