bendera

Kamis, 02 Mei 2024    19:18 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

FOKUS
 


Perempuan Indonesia Inklusif, Merdeka Dalam Pendidikan Dan Literasi


Lian,    09 Maret 2021,    04:17 WIB

Perempuan Indonesia Inklusif, Merdeka Dalam Pendidikan Dan Literasi
DR. Marlinda Irwanti, SE.,M.Si

Jakarta-mediaindonesianews.com: Memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) yang diperingati setiap 8 Maret, menjadi momentum penting, khususnya bagi perempuan Indonesia. Dengan mengusung tema 'Choose To Challenge', dimana IWD seolah-olah ingin meneguhkan konsistensi perjuangan kaum perempuan dalam menyuarakan bias dan ketidaksetaraan gender. Pose mengangkat satu tangan tinggi-tinggi menjadi simbol komitmen perempuan menantang setiap bentuk ketidaksetaraan, bias gender dan membantu membentuk dunia yang inklusif.


Perempuan Indonesia Inklusif, Merdeka Dalam Pendidikan Dan Literasi

Ketua Umum Forum Pemberdayaan Perempuan  Indonesia (FPPI), DR. Marlinda Irwanti SE. M.Si mendukung penuh perjuangan  IWD tahun ini. Sebagai sebuah organisasi perempuan, FPPI yang memilikin 34 Propinsi dan lebih dari 200 DPC di Indonesia, FPPI secara konsisten terus mengupayakan kesetaraan gender yang merupakan visi dan misi serta landasan perjuangan dengan 4 anti (anti marginalisasi, anti diskriminasi, anti double buordan dan anti Kekerasan) landasan perjuangan itu, terus mendorong perempuan Indonesia dapat berperan aktif, baik di ruang domestik  juga di ruang publik.

"Perempuan Indonesia haruslah menjadi pribadi yang merdeka dalam Pendidikan baik formal maupun non formal," ujarnya kepada mediaindonesianews.com, Senin (8/3).

Dikatakan Marlinda, bahwa FPPI mendorong pemerintah untuk memberikan akses seluas- luasnya agar perempuan Indonesia mendapatkan kesempatan  Pendidikan karena melalui pendidikan dan literasi agar mampu berkarya, inovatif  dalam berbagai bidang.


Ditegaskan Marlinda, saat ini, dunia telah memasuki era 5.0. Perempuan Indonesia pun harus mampu menjawab tantangan zaman. Meskipun masih banyak  tantangan yang  dihadapi oleh perempuan Indonesia, baik diskriminasi maupun tindak kekerasan, namun jangan menyurutkan langkah  kaum perempuan untuk maju dan bangkit menghadapi tantangan kemajuan teknologi yang demikian pesat.

"Hari Perempuan Internasional menjadi saat dimana kita melakukan refleksi serta meneguhkan harapan bagi perempuan Indonesia untuk bergerak maju. Saatnya perempuan Indonesia menunjukkan kemampuan dan jati dirinya dengan penguatan di bidang pendidikan dan literasi. Kebijakan yang responsif gender dan Presiden juga sudah memberikan political will agar kesetaraan dalam dunia pendidikan.” kata Direktur Pasca Sarjana Universitas Sahid 2020-2024.

Menurut Dosen Tetap Universitas SAHID Jakarta ini, Indonesia di Unesco termasuk negara yang  tandatangani kesepakatan Dakar bahwa Pendidikan untuk semua ( education for All) oleh karena itu akses perempuan dalam pendidikan (baik formal, informal dan non Formal) terus ditingkatkan karena ketika kita memberikan pendidikan pada perempuan maka kita mendidik sebuah Bangsa karena ketika perempuan cerdas kita akan menghasilkan calon pemimpin-pempin  yang cerdas juga.

“Human development indeks (HDI) salah satu indikator kesejahteraan bangsa adalah ketika mensejahterakan perempuan. Adapun Indikator  kesetaraan gender akan terwujud bila, Regulasi/ kebijakan, political will,  Peran aktif seluruh elemen masyarakat, Peran aktif organisasi perempuan, LSM dan lembaga-lembaga non formal,” pungkasnya. (LiaN)


banner
NASIONAL
img
Kamis, 02 Mei 2024
Yogyakarta - Bakamla RI melaksanakan Technical Expert Group Meeting of ASEAN Coast Guard Forum (TEGM ACF) Tahun 2024, di salah satu hotel di  Yogyakarta, Kamis (2/5/2024). Kegiatan yang berlangsung selama 2
img
Selasa, 30 April 2024
Maluku - Bakamla RI melalui KN Kuda Laut-403 berhasil menyelamatkan nelayan yang mengalami luka bakar di Perairan Laut Maluku, Selasa (30/4/2024).   Mulanya, KN Kuda Laut-403 yang sedang melaksanakan Patroli Bersama Yudhistira
img
Selasa, 30 April 2024
Jakarta - Berkaca dari kesuksesan  Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS), tahun 2024 ini Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Internasional Konferensi Tingkat Tinggi  Word Water
img
Selasa, 30 April 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-72, bertempat di Lapangan Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur,
img
Selasa, 30 April 2024
Jakarta, mediaindonesianews.com – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Malaysia Yang Mulia Dato' Seri Mohamed Khaled Nordin, di ruang kerja Menhan, Jakarta, Selasa (30/4/2024).
img
Selasa, 30 April 2024
Pulau Timor, mediaindonesianews.com -  Kapal Negara (KN) Pulau Marore - 322 Bakamla RI di bawah komando Letkol Bakamla Adi Poetra Sitanggang berhasil melakukan evakuasi kru kapal berbendera Tanzania,

MEDIA INDONESIA NEWS